Pengertian Hosting Sebagai Unsur Website

Pengertian Hosting

Pengertian Hosting Sebagai Unsur Website


Hosting

Hosting adalah tempat penyimpanan data atau file computer. Memiliki bentuk fisik yang orang menyebutnya dengan server. Seperti gambar, video, audio dan sebagainya.

Anda bisa menyebut hosting atau web hosting dengan sebuah layanan di dunia maya yang secara mendasar berfungsi  sebagai tempat penyimpanan data-data dari sebuah website. Data-data yang ada di website biasanya berupa gambar, email, file, database, dan juga aplikasi atau script.

File-file itu akan tersimpan dalam sebuah tempat yang bernama server hosting. Server hosting merupakan tempat penyimpanan data. Dimana nantinya server akan menampilkan data-data itu  pada web client (browser) seperti Chrome, Mozilla, Safari, dan Opera.

Agar anda bisa mengakses website dengan baik selama 24 jam, maka server hosting harus  dengan jaringan internet dengan kecepatan tinggi. Bila tidak maka server akan down dan menyebabkan kamu tidak dapat mengakses website.

Fungsi Utama Web Hosting

 

Sebelum melakukan hosting, sebaiknya kamu memahami fungsi-fungsinya terlebih dahulu, sehingga bisa memaksimalkan hosting sesuai kebutuhan. Berikut beberapa fungsi dari hosting yang wajib diketahui :

1. Tempat Penyimpanan Data

Fungsi utama dari sebuah web hosting yaitu sebagai tempat penyimpanan data atau file dari sebuah aplikasi atau website secara online, sehingga bisa diakses oleh orang banyak dengan jaringan internet. Hosting dapat anda katakan sebagai sebuah perpustakaan dan website sebagai buku-bukunya. Sehingga banyak orang yang bisa melihat atau membaca buku tersebut. Jadi pemilik website bisa memberikan informasi sesuai kebutuhan user.

2. Alamat Akses atau Link Website

Hosting juga berfungsi sebagai redireksi dari sebuah DNS. Contohnya ada sebuah situs 101.com, situs ini sudah beregistrasi dalam sebuah DNS. Ketika ada seseorang ingin mengakses situs itu, maka server akan mengakses link hosting.

Jadi biarpun website atau situs kamu sudah terdaftar dalam DNS tetapi tidak dimasukkan dalam web hosting, website tersebut tidak akan bisa di akses oleh orang lain. Bahkan bisa memunculkan keterangan error saat ada orang ingin mengaksesnya.

3. Menjaga Website atau Aplikasi Tetap Online

Fungsi terakhir dari web hosting yang terakhir sangatlah penting untuk sebuah website atau aplikasi, bahkan fungsi ini hanya ada di hosting. Dimana website kamu akan selalu dalam kondisi online selama penyedia hosting website tetap terjaga dan tidak ada masalah, maka website kamu bisa di akses kapan saja dan dimana saja tanpa khawatir bila sewaktu-waktu mati.

Walaupun ada beberapa kasus sebuah website mati, tetapi ini hanya sebagian kecil saja. Umumnya situs tersebut menggunakan web hosting free, maka ada baiknya menggunakan hosting berbayar yang lebih aman dan memiliki garansi untuk uptime. Bilamana website untuk keperluan bisnis atau profesi, gunakan web hosting sudah berpengalaman, sehingga berapa pun yang mengakses website tidak akan mendapat masalah. Sebelum memulai untuk web hosting, sebaiknya kamu mengetahui jenis-jenisnya. Jadi kamu bisa memilih hosting yang sesuai dengan kebutuhan website atau aplikasi.

Baca Juga : Domain Adalah

Pengertian Hosting Sebagai Unsur Website


Pengertian Hosting

KENAPA MEMILIH IT SOLUTION

Fitur Lengkap

Seluruh pemesanan website dengan kami sudah include Hosting Cepat dan Fitur , Domain dan SSL. Sehingga anda cukup terima jadi.

Pengerjaan Cepat

Punya pengalaman bikin web berbulan – bulan? Kami mengerti keresahan anda, dengan kami,website anda akan selesai hanya dengan *2 hari.

Harga Murah

Harga bersahabat, kami menjamin anda mendapatkan harga murah untuk jasa website sesuai dengan tingkat kesulitannya.

Hubungi Kami

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *